"Sesungguhnya, yang paling baik di antara kalian adalah ia yang berbudi-pekerti"
Selamat pagi/siang/sore/malam ^^. Pada Post kali ini saya akan membahas tentang etiket dan etika. Apa pengertiannya dan bagaimana beretika dalam memberikan pelayanan. Semua akan saya jelaskan pada post kali ini :)
A. Pengertian Etika dan Moralitas
Menurut Salam, 1997 Etika sebagai nilai dan norma moral yang menentukan sikap dan pola perilaku hidup manusia, baik secara pribadi maupun sebagai kelompok. Menurut tokoh lain yaitu Magnis-Suseno 1989 Etika adalah usaha manusia memakai akal budi dan daya fikirnya untuk memecahkan masalah bagaimana ia harus hidup kalau ia mau menjadi baik.
Sedangkan moralitas adalah sistem nilai yang terkandung dalam ajaran atau bentuk-bentuk petuah, nasehat, wejangan, peraturan , perintah dan semacamnya turun temurun diajarkan melalui agama atau kebudayaan dimana manusia tersebut hidup. Moralitas berisikan baik-benarnya perilaku.
A.1 Tujuan Etika
- Memberi manusia orientasi bagaimana ia menjalani hidupnya melalui rangkaian tindakan sehari-hari.
- Membantu manusia untuk mengambil sikap dan bertindak secara tepat dalam menjalani hidup.
- Membantu manusia dalam mengambil keputusan tentang tindakan apa yang perlu dilakukan.
- Pertimbangan berkembangnya masyarakat yang semakin pluralistik. Oleh karenanya merupakan kewajiban manakah norma-norma yang baik dan tidak dalam konteks suku, daerah dan agama yang berbeda namun satu.
- Pertimbangan adanya gelombang modernisme. Dalam situasi perbedaan antara kehidupan kota dengan di desa, etika membantu kita agar tidak kehilangan orientasi dan tetap mengambil sikap-sikap yang dapat dipertanggungjawabkan.
- Dapat membuat kita sanggup menghadapi ideologi-ideologi secara kritis guna membentuk penilaian sendiri.
- Membantu menemukan dasar kemantapan dalam iman kepercayaan tanpa takut atau menutup diri di tengah masyarakat yang berkembang.
Norma adalah suatu aturan atau ketentuan yang menjadi kesepakatan dan acuan dalam kehidupan di masyarakat. Norma dibentuk mulai dari orang tua, sekolah, lingkungan atau budaya setempat dan masyarakat secara umum. (Magnis-Suseno, 1989)
Norma secara umum dan universal dibagi 3, yaitu:
- Norma sopan santun, yang biasa disebut etiket, yakni norma yang mengatur pola perilaku dan sikap lahiriah, misalnya tata cara bertamu, duduk, makan, minum, berjalan, dan kegiatan lainnya
- Norma hukum, yaitu norma yang dituntut secara tegas oleh masyarakat demi keselamatan dan kesejahteraan bersama. Norma ini lebih tegas karena adanya sanksi dan hukuman.
- Norma moral, yaitu aturan dan sikap sebagai manusia, mngacu baik/ buruk dan norma yang menjadi tolak ukur baik buruknya perilaku seseorang bukan dalam kajian jabatan atau profesi namun secara umum.
Etiket secara umum:
1. Menitik
beratkan pada sopan santun dan tata karma dalam pergaulan. Tata = adat, aturan.
Krama = sopan santun.
2. Bagaimana cara
berbicara, bertelepon, berpakaian, cara duduk, menerima tamu, berjalan, makan,
minum, bertamu, dll.
3. Bisa
dipelajari di sekolah, seperti John Robert Power, dll.
C. Etiket dalam Pelayanan
Sudah tertulis dalam etiket tatacra pergaulan yaitu bagaimana menjalin relasi dengan orang lain, dan salah satunya adalah bagaimana memberikan pelayanan bagi orang lain. Beberapa contoh etiket terkait proses pelayanan:
C.1 Etiket Menerima Tamu
"Hormatilah Tamumu" itu yang menjadi landasan utama dalam memberikan pelayanan terhadap tamu atau pelanggan. Cara berpakaian, cara menyambut dan cara bicara menjadi bagian etiket dalam menerima tamu.
C.2 Etiket Berbicara
Berbicara sopan saja ternyata tidak cukup, namun sikap tubuh dan bahasa tubuh menjadi bagian keseluruhan etiket berbicara. Pemahaman mengenai karakter dan pribadi orang yang diajak bicara sangatlah penting, misal kapn harus bergurau dan kapan harus serius dalam keadaan formal maupun non-formal.
C.3 Etiket Makan Bersama
Ada kalanya tuntutan pekerjaan menuntut kita harus menemani tamu untuk makan bersama. Etiketnya dimulai dari cara makan, cara berpakaian dan cara berbicara di saat makan, cara duduk, gerak dan sikap mengambil makanan harus dipelajari.
Selain etiket di atas, masih banyak lagi yang perlu dipelajari dalam memberi pelayanan. Misal etiket berpakaian, duduk, bertelepon, memanggil, menulis nama dan lain-lain.
Demikianlah apa yang bisa saya bagikan pada post ini. Pesan saya mulailah beretika baik dari hal kecil terlebih dahulu, maka akan mulai menumbuhkan etiket yang baik ke depannya. Terimakasih atas perhatiannya, mohon maaf bila ada kesalahan kata. Jika ada pertanyaan, kritik dan saran silahkan menuju kolom momentar :). Selamat pagi/siang/sore/malam.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar